Selamat Datang di Blog Resmi Rekan Dedi Hermanto

PAC IPNU IPPNU Jati Gelar Lakmud Akbar



Kudus, Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) bersama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Jati Kabupaten Kudus menyelenggarakan Latihan Kader Muda (LAKMUD) yang bertempat di Madrasah Diniyah Nurul Anwar Desa Ngembal Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus hari Jum’at – Ahad tanggal 25-27 Desember 2015.

Sebanyak 54 peserta yang yang lolos mengikuti Latihan Kader Muda (LAKMUD) yang sebelumnya melalui beberapa fase yakni Interview dan Sekolah Kader Dasar (SKD), tahap awal yakni Interview berjumlah 86 peserta, setelah melalui Sekolah Kader Dasar (SKD) peserta menyusut sampai 69 peserta, hingga akhir -1 Latihan Kader Muda (LAKMUD) Peserta 54 peserta.

Berbagai materi yang dipaparkan oleh pemateri yang berasal dari para Tohkoh Masyarakat, Dewan Alumni dan PC IPNU – IPPNU Kudus diantaranya  Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) Ke NU an, Ke IPNU – IPPNU an, Leadership, Manajemen Organisasi, Scientific Problem Solving (SPS), Manajemen Konflik, Team Work & Komunikasi, Tehnik Diskusi & Persidangan, Study Pergerakan Islam, Tehnik Pembuatan Proposal, dan Penanaman Motivasi dan Militasni.

Ketua Panitia Latihan Kader Muda (LAKMUD) Muhajjir Adzimiddin mengatakan, sebanyak 14 ranting dan 3 komisariat dari sekolahan semua mengirimkan kadernya per ranting atau komisariat sebanyak 2 dari perwakilan IPNU dan 2 dari perwakilan IPPNU, walaupun ada pula ranting atau komisariat hanya mengirimkan hanya 2 atau 3 peserta tidak apa-apa, walaupun sedikit, namun itu adalah kader militan dari ranting atau konisariat tersebut, tuturnya.

Banyak juga yang megirimkan kader dari ranting atau komisariat berjumlah 5 atau 6 peserta, namun tidak semuanya kami terima dan mengikuti Latihan Kader Muda (LAKMUD) namun peserta akan diseleksi terlebih dahulu melalui Interview dan Sekolah Kader Dasar (SKD) sehingga kader yang nantinya menjadi pengurus masa depan menjadi kader yang benar-benar militan, tuturnya.

Semoga setelah terlaksananya Latihan Kader Muda (LAKMUD) ini, tidak hanya menjadi seremonial belaka, namun ada tindak lanjutnya, sehingga kader alumni Latihan Kader Muda (LAKMUD) bisa menjadi kader berkualitas untuk kelangsungan PAC IPNU – IPPNU Kecamatan Jati, imbuhnya.

Ketua IPPNU jati Nurul Arifah mengatakan, dalam suatu organisasi, pengkaderan merupakan hal yang urgen “Organisasi ibarat sebuah api unggun dan kader-kadernya adalah kayu bakarnya. Untuk membuat api terus membakar, harus ada kayu bakar baru yang tersedia” dari analogi inilah, tersurat jelas bahwa organisasi dan kader merupakan suatu sistem yang harus selalu bersinergi untuk mewujudkan sebuah organisasi yang tetap exis, tuturnya.

Adanya kader merupakan ujung tombak nyata dan tulang punggung kontinyuitas adanya suatu organisasi. Tanpa kader, organisasi tak akan dapat hidup, bahkan terlihat kader yang berkualitas akan membawa suatu organisasi tersebut juga berkualitas. Betapa urgennya peran kader perlu adanya pendidikan kaderisasi agar mampu melahirkan kader-kader yang berkualitas, imbuhnya. (DH)

Share this post :

Posting Komentar

Fiqih

 
Support : NU Online | IPNU IPPNU Pasuruhan Lor | PAC IPNU IPPNU JATI
Copyright © 2014. Rekan Dedi - All Rights Reserved
Template by Dedy El Qudsy Published by Dedy El Qudsy
Powered by Blogger
::: Selamat Datang di Blog Resmi Rekan Dedi, Semoga Blog ini Bermanfaat Bagi Para Aktivis IPNU di manapun berada, Salam Belajar, Berjuang, Bertaqwa... Email: rekandedi@gmail.com :::